Maulid UI: Shalawat Rindu Bergema di Kampus UI

Kamis (29/12), ada pemandangan yang tidak biasa di Masjid Ukhuwah Islamiyah (UI) Universitas Indonesia. Sore itu Masjid UI dipenuhi orang-orang berkerudung dan berpeci di ruang utama. Dengan khidmat mereka melantunkan syair-syair pujian karya Syaikh Ja’far Al Barzanji.

Pada hari itu Masjid UI sedang menjadi tuan rumah acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan tajuk Sholawat Rindu. Acara ini diinisiasi oleh gabunganergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) UI, Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) UI, Asosisasi Sayyid Syarifah (Asyraaf) UI, dan Mahasiswa Ahlut Thariqah al-Mu’tabarah an-Nahdliyah (Matan) UI.

Hadir dalam forum tersebut Rektor Universitas Indonesia Muhammad Anis Shahab, Direktur Politeknik Negeri Jakarta Abdillah Al Haddad,  Ketua DKM Masjid Ukhuwah Islamiyah UI Muhammad Luthfi dan Ketua Umum PBNU ke-4 KH Hasyim Muzadi.

Dalam sambutannya, Muhammad Anis Shahab mengutip Al-Qur’an Surat Al-Ahzab ayat 56. Ia menggarisbawahi tiga poin penting yang terangkum dalam ayat tersebut, yakni Allah yang memberikan rahmat kepada Nabi, Malaikat yang memintakan ampun untuk Nabi, dan anjuran berdoa bagi orang mukmin agar mendapatkan rahmat dari Allah SWT.

IMG_0122

Para peserta yang hadir di Sholawat Rindu

Pak Anis berpesan kepada para hadirin untuk kembali mengingat pentingnya shalawat kepada Rasul. Selepas sambutan dari rektor UI, acara dilanjutkan dengan sesi mauidhah hasanah oleh KH Hasyim Muzadi.

Kiai Hasyim menekankan kepada para hadirin untuk memosisikan Rasulullah sebagai pusat teladan. Ia juga mengingatkan bahwa intelektualitas yang tinggi tak selalu diiringi kepekaan rohani yang rendah.

IMG_0091

Asyraaf UI-PNJ bersama dengan Panitia Maulid UI

 

*Dikutip dari: NU Onine


Asyraaf Berbagi: Santunan Anak Yatim 27 November 2016

Pada Minggu, 27 November 2016, Asyraaf UI PNJ mengadakan santunan anak yatim di Daruul Aitam Jagakarsa, Jakarta Selatan sebagai kelanjutan realisasi program kerja dari divisi Sosial Masyarakat yang dipegang oleh Adhillah Assegaf dan Fatimah Fuad Baagil.

Ada sekitar 60 orang anak yatim laik-laki dan perempuan di Daruul Aitam Jagakarsa. Mayoritas mereka masih anak Sekolah Dasar. Antuasiasme anak-anak daruul aitam terhadap acara Asyraaf Berbagi ini sangat tinggi, begitu pun juga dari anak-anak Asyraaf UI PNJ nya.

Asyraaf Berbagi : Santunan Anak Yatim di Darul Aitam Jagakarsa-Jakarta Selatan pada 27 November 2016.

Asyraaf Berbagi : Santunan Anak Yatim di Darul Aitam Jagakarsa-Jakarta Selatan pada 27 November 2016.

Acara dimulai pada pukul 10.00 WIB dengan sambutan dari ketua Asyraaf UI, Ali Ridho Al Haddad. Selanjtunya dilakukan pembacaan surat Yaasin bersama anak-anak yatim daruul aitam yang dipimpin oleh Isa Alkaff. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan maulid nabi Muhammad SAW dan ceramah oleh Gus Yusuf Aidid Sampai dengan Dzuhur.

USA_6669

 

USA_6874

Setelah Sholat Dzuhur dan Makan Siang bersama, Acara dilanjutkan kembali. Kali ini anak-anak Asyraaf dan Daruul Aitam bermain games bersama. Bermain games yang berjudul opposite. keseruan dan canda tawa pun menghiasi pertemuan kami di acara tersebut. Selesai bermain games, acara ditutup dengan pembagian bingkisan dan foto bersama.

DSC_1182_view

USA_6711

Ada momen mengharukan selepas anak-anak asyraaf ingin pulang dari daruul aitam, anak-anak yatim perempuan disana menangis. Lalu kami heran ada apa? ternyata karena kami ingin meninggalkan mereka. Anak-anak asyraaf perempuannya pun menghampiri mereka dan menghiburnya. InsyaAllah acara ini merupakan awal dari program Asyraaf terhadap anak-anak yaitum daruul aitam, yang mungkin selanjutnya akan dilanjutkan dengan acara Asyraaf Mengajar.

Asyraaf UI PNJ

USA_7695


Hud Alaydrus & Tim UI, menjadi Juara Kedua di CONCERNS UNDIP

Beberapa waktu lalu HMJ IESP FEB Universitas Diponegoro (Undip) mengadakan kompetisi CONCERNS (Competition of National Economic Research and Innovative Paper). Kompetisi ini merupakan salah satu rangkain acara PROVEL Undip 2016. Para pesertanya dituntut untuk kreatif dan mengeluarkan padangannya didalam karya tulis ilmiah dengan tema “Pembangunan Infrasturktur untuk Memperkuat Fondasi Dimensi Sektor Unggulan di Indonesia”. Continue Reading